Kamis, 24 November 2011

IBUKU PINTU SURGAKU(Inspirasi Terbaik Dalam Hidupku)

Tiap malam aku harus menahan ngantuk demi mengantarkan ibu tercinta ketempat dimana orang-orang berjuang memutarkan uangnya dengan berbagai macam usaha dan dagangannya.Begitupun halnya dengan ibuku yang selalu ikhlas kehilangan sisa tidurnya dengan menahan ngantuk yang meradang matanya demi mengarungi sisa-sisa malam,kala dimana meraka-mereka yang terlelap dengan tidurnya seiring mimpi-mimpinya manja membelai tidur mereka.Namun ibuku terus menahan ngantuknya bersama seutas harapan yang selalu membuatnya semangat tanpa peduli ngantuk dan capek yang menggerogoti dua kelopak matanya dan tubuhnya itu.Dia terus melangkah lantunkan kedua kakinya yang kuat dalam irama semangat yang bersenandungkan harapan demi keluarga tercinta.Hingga aroma bau pasarpun terasa wangi di hidungnya kerena telah terbiasa dengan semua itu.Bahkan beceknya pasarpun seolah-olah bagaikan permadani indah untuknya hamparkan asa yang selalu membuatnya tak mengenal lelah hingga kembali pulang kerumahpun,tempat dimana muara nafkahnya berdiri terhormat diatas tujuannya yang mulia melayani masyarakat hingga senja menjemput malam.Namun walau begitu dia tidak pernah lupa tuk melayani suami,anak-anak juga cucu-cucu tercintanya.Hingga malam bersenandungpun dia masih menyempatkan diri tuk mengolah masakan yang dimana itu akan didagangkan kepada masyarakat dihari esoknya.Ibuku memang sungguh begitu besar perjuangan juga pengorbanannya hanya demi keluarga tercinta,tanpa dia pedulikan lelah yang selalu menggerogoti tubuhnya itu.

Hingga akhirnya itu membuat aku sadar.Bahwa perjuangan dan pengorbanannya tidak bisa dibalas oleh apapun.Begitupun dengan doa sekalipun.Hingga akhirnya kini aku hanya bisa menangis dalam hati menyesali diriku yang belum bisa berbuat apa-apa untuknya.Melainkan masih saja membebaninya tanpa bisa berbuat apa-apa,selain dengan selalu berusaha untuk tidak bisa menolaknya saat harus mengantarkannya berangkat ketempat dimana setiap malamnya dia tuju tanpa menunjukkan rasa mengeluh kepadaku.Justru dia selalu tersenyum dan pernah berkata "Nanti juga ada waktunya.Yang penting gimana usaha kamunya dalam meraih semua mimpi kamu itu dengan penuh semangat dan tak pernah berhenti untuk berdoa.Mama mah tidak minta apa-apa dari kamu.Sudah melihat kamu dapat kerja saja mama mah sudah cukup bahagia.Yang penting kamu harus selalu taat kepada Allah.Itu saja pinta mama mah" Mendengar dia bilang begitu akhirnya aku sadar.Bahwa apalah artinya harta aku berikan kepadanya,tapi shalat juga ibadah-ibadah aku yang lainnya tidak pernah aku lakukan.Maka itu akan menjadi hambatan juga beban baginya juga ayahku tercinta saat Tuhan memanggilnya kelak.Hingga setelah itu juga aku selalu berusaha untuk melakukan apa yang harus aku lakukan sebagai manusia kepada Tuhannya.Juga sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

Hingga akhirnya dengan begitu sekarang aku juga sadar.Bahwa surga bukan hanya ada ditelapak kaki ibu.Tapi seorang ibu memang terlahir sebagai pintu surga untuk anak-anaknya dengan ayah sebagai kuncinya.Dan seorang anak adalah penentu bagi kedua orang tuanya untuk memasuki surgaNya kelak.Dan jika seorang ibu juga ayah taat kepada Allah namun anaknya tidak.Maka dosanya kan menjadi beban tanggung jawab bagi orang tuanya yang bisa saja membatalkan kedua orang tuanya itu untuk masuk surga saat telah dipanggilNya kelak.Maka patutlah sekarang aku untuk selalu berusaha dalam mewujudkan mimpi-mimpinya itu dengan selalu berusaha tuk mengejar cita-citaku untuk membahagiakannya didunia ini agar dihari tuanya bisa istirahat bahagia tanpa ada beban pikiran dibenaknya.Dan juga harus selalu berusaha untuk menjadi anak yang bebakti kepadanya sebagai bentuk taat kepada Allah yang sudah Allah anjurkan dalam firmanNya dengan selalu menjalankan segala perintahNya.Hingga akhirnya aku benar-benar bisa bahagiakan mereka dengan nilai-nilai ibadahku diakhiratNya kelak.Dan agar dimana rasa baktiku kepada orang tuaku terutama ibuku benar-benar bisa menjadikannya sebagai pintu surga untukku kelak.Amin....

Dan sekarang aku sadar juga.Bahwa perjuangan juga pengorbanannya yang diiringi rasa taat kepada Allah adalah inspirasi terbaik dalam hidupku.Yang memotivasi aku untuk terus semangat dalam menjalani hidup tanpa harus berharap dapatkan yang terbaik,selain untuk selalu semangat dalam berusaha menjadi yang terbaik untuk diri sendiri juga orang lain dalam hidup ini.Karena perjuangan dan pengorbanannya selama ini telah mampu membuat aku belajar.Bahwa berusaha untuk menjadi yang terbaik kan selalu datangkan yang terbaik juga.Sungguh luar biasa ibuku itu....i love u mom!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar